roller coaster

3 minutes, 42 seconds

Melihat progres penyebaran Covid-19 memang bener-bener bikin deg-degan, cemas, kuatir dan takut. Walaupun sudah work from home tetapi kecemasan itu masih juga datang nyaris tak terkontrol.

Bener banget …… biang keladinya adalah postingan di social media dan platform komunikasi yang mempermudah para penggunanya bukan saja untuk menerima pesan atau informasi tetapi juga meneruskannya ke pihak lain.

Bisa jadi maksudnya baik, tetapi bisa berakibat sebaliknya jika pesan tersebut berisi informasi yang kurang akurat, tidak akurat atau yang lebih tragis lagi hoax alias bohong!

Belum lagi unggahan-unggahan yang malah menimbulkan debat tidak perlu ditengah situasi yang seharusnya membuat kita makin bersatu.

Jaman sekarang ini memang bukan lagi kita yang mencari informasi tetapi malah informasi yang menyerbu masuk bahkan sampai ke kamar tidur 🙁 sehingga perlu filter alias kelihaian memilah dan memilih informasi apa yang perlu dikonsumsi dan mana yang langsung delete!

Sejak awal tahun memang berita yang bikin panas dingin lebih mendominasi media. Bad news is a good news, berita buruk lebih laku dijual ketimbang sebaliknya. Padahal selalu ada paling tidak 2 sisi dalam setiap peristiwa atau fakta. Tinggal darimana kita mau melihatnya …… itulah perspektif.

Gonjang-ganjing pasar saham yang bergerak seperti roller coaster selama beberapa minggu seiring dengan makin tinggi tingkat penyebaran Covid-19 memang benar-benar membuat gerogi level akut. Banyak berita-berita negative yang melatar belakanginya. Ambil contoh : dana asing keluar dari Indonesia berjumlah sekian T! miris kan? Pertumbuhan ekonomi berpotensi 0% … gimana tuh? Tingkat pengangguran akan meningkat! Serem kali? Lockdown! Apalagi tuh? 🙁 Index akan bergerak ke angka 4000! Waduh 🙁

Dengan modal yang hanya seiprit tentu saja berita-berita serem itu membuatku takut dan cemas, apalagi melihat kenyataan bahwa total investasi drop lumayan besar. Tapi lagi-lagi aku selalu mengingat bahwa paling tidak selalu ada 2 sisi dari setiap fakta. Bahkan dalam situasi yang buruk selalu saja ada kesempatan dibaliknya. Aku memilih lebih balance …. Supaya pikiran tidak parno dan akhirnya malah kontra produktif.

Apalagi sejak awal aku berinvestasi di saham, aku tidak menggunakan uang yang akan kuperlukan untuk digunakan dalam jangka waktu pendek, apalagi hutang alias menggunakan margin. Sehingga tekanan untuk menghasilkan return dalam jangka pendek hampir tidak ada….kalau ada return jangka pendek yang syukur kalau tidak y fine 🙂

Lalu index drop sampai dibawah 4000 ….hih serem 🙁 bahkan memasuki hari Senin 23/3/2020 pun masih melata di 3900 ohmaigat …. 3 saham yang kusimpan hancur lebur nggak karu-karuan 🙂 Antara pasrah dan sisa-sisa semangat karena support analisa dan rekomendasi dari teman-teman di #RHBTradeSmart, dengan beberapa perhitungan kembali masuk alias Buy di harga yang so far paling rendah sepanjang tahun ini atau bahkan sudah lebih rendah sejak beberapa tahun terakhir.

Lalu aku coba nggak lihat pergerakkan karena selain bikin jantung empot-empotan juga karena kesibukkan akibat work from home yang ternyata jauh lebih challenging dibanding kerja di kantor 🙂

Lalu Jumat hari ini, 27/3/2020 terjadi aksi Net Sales 🙂 ….. cihui 1 saham gain 14% dan yang lainnya 8% 🙂 🙂 🙂 Index sempat menyentuh hampir 4700 dan sedikit terkoreksi di penutupan di 4500 an.

Tuh kan bener kata Sifu …. It’s all about mind set! Nggak boleh buru-buru dapat hasil …. Saham is not an easy money.

Walau jujur saja total investasi masih merah muda 🙂 tapi seperti yang kuceritakan di tulisanku sebelumnya porsi saham yang untuk trading sudah hijau dengan main jangka pendek …. Ikuti gelombang saja. Buy disaat koreksi besar, tunggu sampai bawah dan mulai naik and then sell on strength seperti hari Jumat ini.

Mengikuti naik turun gelombang tsunami ini aku sudah 4 kali gain karena Buy on Weakness dan Sell On Strength.

Porsi invest untuk pilihan saham yang sama, sengaja aku biarkan alias sebodo amat … harga beli juga nggak jelek-jelek amat dan itu juga untuk keperluan jangka panjang pula.

Nah yang porsi trading ini lah yang ku “main” kan 🙂

Dengan hasil hari ini aku siap menanti apa yang akan terjadi minggu depan ….. mau koreksi lagi … OK lah, mau rally naik lagi boleh juga 🙂

Nah, sekali lagi intinya mind set. Supaya punya mind set yang positif ya tentu informasi yang dikonsumsi harus positif juga. Kalau yang dibaca hanya berita-berita nggak enak y nyali akan makin jiper, pesimis dan nontonin doing. Begitu pasar membaik yang ada kembali mengeluh : ……. Coba ya waktu itu aku beli saham 🙂 ……. telat tahu!

Ayo, mumpung work from home, gunakan waktu yang biasanya ngobrol-ngobrol sama teman kantor sekarang saatnya belajar tentang saham.

Dan mumpung work from home nggak tahu sampai kapan, kongkow di Café, nonton cinema, shopping2 di mall hampir nggak dilakukan kan alias ada uang spare tuh, mulai ditabung siapa tahu bisa secepatnya ikutan investasi di saham.

Bagi yang perlu link untuk mempermudah teman-teman jika serius untuk gabung silahkan nih :

https://www.rhbtradesmart.co.id/tradesmart/tradesmart-product

#SahamIsEasy #InvestSmarter #TradeEasier

There are 0 comments .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *