Optimis

2 minutes, 57 seconds

Dalam seminggu kemarin berita tentang kebangkrutan sebuah restoran Pizza terkenal asal Amerika Serikat – yang juga ada di Indonesia – muncul di media. Berita kebrangkutan tersebut makin memperpanjang daftar perusahaan-perusahaan kelas dunia termasuk di antaranya para Startup yang sudah sejak awal pandemik Covid-19 mulai kehabisan nafas lalu disusul beberapa Startup kelas Unicorn yang mengumumkan downsizing.

Belum lagi perusahaan-perusahaan kelas menengah, kecil dan mikro lainnya, berapa banyak yang bangkrut atau paling tidak mengalami downsizing selama 4 bulan terakhir?

Pertanyaan selanjutnya, ada berapa banyak tenaga kerja yang terdampak karena perusahaan-perusahaan yang bangkrut atau produksi menurun?

Dari sebuah sumber diperkirakan dalam 3 bulan terakhir 3 juta tenaga kerja mengalami PHK dari perusahaan masing-masing dan jika pandemik ini masih juga terus berlangsung maka dalam beberapa bulan kedepan diperkirakan lebih dari 5 juta tenaga kerja akan mengalami PHK – source : https://www.cnbcindonesia.com/news/20200603193109-4-162890/3-bulan-corona-3-juta-orang-kena-phk-dirumahkan

Bukan mau menakut-nakuti atau masuk dalam golongan kaum pesimis tetapi inilah fakta yang sedang terjadi.

Walaupun begitu masih aja ada orang-orang yang bukan hanya mampu bertahan tetapi bahkan memulai bisnis yang baru, menemukan ide dan peluang-peluang baru yang sebelumnya mungkin saja tidak pernah terpikirkan. Jenis orang-orang ‘gila’ semacam ini memang harus jadi tempat berguru atau paling tidak kita mendapatkan inspirasi darinya.

Salah seorang teman tiba-tiba membuka usaha bakery rumahan yang bukan murahan. Order dan delivery ke para konsumen dilakukan secara online. Dari IG accountnya aku mengetahui lumayan sibuk juga istri temanku ini. Tentu usahanya ini tidak hanya bermanfaat bagi temanku dan istrinya tetapi juga berguna bagi para ojol yang mondar mandir datang dan pergi dari rumah temanku ini untuk mengambil dan mengantar order. Padahal kalau kulihat dari posisinya di sebuah perusahaan multinasional yakin dech temanku ini jauh dari kondisi kekurangan uang.

Temanku yang lain all the sudden membuka bisnis kopi literan yang memang sedang booming akhir-akhir ini.

Dan kalau kuteruskan daftar nya maka tulisanku ini hanya akan berisi list IG account teman-temanku yang mampu melihat hal –hal yang oleh orang lain tidak mampu dilihat.

Disaat kebanyakan orang berfokus pada segala macam situasi sulit – aku yakin saat ini tidak ada manusia yang masih hidup yang tidak mengalami kesulitan selama masa pandemik ini – tetapi teman-temanku ini mampu melihatnya dari sisi yang berbeda. Menarik bukan?

Nasehat bijak berkata: Uang sebenarnya ada dimana-mana. Masalahnya tidak semua orang mampu melihatnya! Nah lo …. Gimana ceritanya ini? ya karena: A pessimist sees the difficulty in every opportunity; an optimist sees opportunity in every difficulty, demikian kata Winston Churchill.

Memang ini tidak semata berbicara tentang uang ya? Don’t get me wrong! Uang hanyalah bentuk akhir dari apresiasi yang diberikan oleh orang lain kepada suatu ide atau gagasan yang telah dieksekusi dan diterima dengan baik oleh orang-orang lain.

9 Juni 2020, 19.58 seorang temanku yang juga nasabah #RHBTradeSmart mengirim text yang begini isinya 🙂 “ laporan dulu boleh lah 🙂 ”

AALI +21,09%, BBNI +34,55%, BBRI + 37,06%, MEDC + 7,86%, BRPT -4,67% 🙂

Jadi ceritanya semua yearly bonus 2019 yang diterima awal 2020 alih-alih digunakan untuk keperluan lain, oleh temanku ini dibelikan beberapa saham seperti text nya padaku.

Teman yang lain lagi malah send screen shot 🙂

Sinting? Ya mungkin banyak orang akan judge begitu? Beli saham ditengah kondisi naik turun tidak jelas? Ekonomi tidak menentu ….you name it  semua alasan yang tidak akan pernah ada habisnya bagi kaum pesimis 🙂

Ya kaum optimis yang oleh banyak orang dianggap sinting lah yang pada akhirnya akan membuat perbedaan.

As we can’t stop the waves of Covid19, but we can learn how to surf it.

How is that? See & find every single possible opportunity and enter it.

Chinese proverbs said: The teachers open the doors, but you must enter by yourself.

1/7 serial tulisan #InvestSmarterInvestNow; #RHBTradeSmart; #SahamIsEasy; #TradeEasier

There are 0 comments .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *