mimpi yang sedang diperjuangkan

1 minutes, 26 seconds

2 orang anak muda, keduanya berumur 22 tahun. keduanya adalah mahasiswa di salah satu institut teknik di kawasan Bekasi. mereka berdua duduk tepat didepanku. yg disebelah kiri dengan sedikit berewok tak rapi adalah seorang pengemudi ojek daring.

yang satunya, berperawakan kurus tinggi adalah buruh di salah satu pabrik minuman murah di sebuah kawasan industry ternama di Bekasi.

seorang pengemudi ojek daring yang mahasiswa dan seorang buruh yang mahasiswa. siang mereka bekerja, malam mereka belajar.

lalu aku bertemu dan berkenalan dengan seorang Ibu separoh baya, beranak 2 tetapi menjadi 5 karena 3 orang anak kakaknya sudah tinggal bersamanya sejak kecil. seorang janda, ditinggal mati suaminya dengan cicilan ini dan itu setiap bulannya Rp. 30.000.000.

dari kondisi sedih, putus asa karena beban cicilan peninggalan suami, Ibu ini bangkit dan mengembangkan usaha warungnya yang dengan cepat tadi kuhitung perputaran dan penghasilannya sudah cukup menarik bagi penarik pajak untuk melirik 🙂

Ibu Siti tinggal di gang kecil di kawasan Pulogadung, saluran air beberapa meter dari warungnya luar biasa busuk baunya. beranak 3, bersuami. mereka tinggal di warung yang merangkap tempat tinggal mereka. 24 jam terus menerus warungnya buka.

dengan antusias Ibu yang sederhana ini bercerita awal perkenalannya dengan perusahaan tempatku bekerja dan bagaimana semua usaha yang dirintisnya berubah menjadi seperti saat ini sejak terlibat dan belajar dalam usaha pengembangan usaha kecil dan mikro yang digagas perusahaan kami.

Dalam bahasa Jawa yang aku mengerti Siti berarti tanah atau bumi.

2 orang anak muda dan 2 orang Ibu separoh baya yang benar2 menginjak tanah, sadar dan menerima kenyataan hidup tetapi kaki2 mereka tidak terpaku diam, kaku tak bergerak di tanah yang mereka injak masing2.

mereka bergerak, sedang melangkah ke tanah yang sedikit berumput, mungkin ada beberapa pohon tempat berlindung dari panas, dari hujan.

dari 4 manusia sederhana yang kutemui hari ini aku melihat mimpi2 yang sedang diperjuangkan.

There are 0 comments .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *